Contoh PTK TK ( Taman Kanak kanak ) : Penerapan Model Kontekstual Melalui Kegiatan Cooking Class ( Kelas Memasak) Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Play Group (Pg) 1 Pg - Tk

Advertisement
advertisement

Contoh PTK TK ( Taman Kanak kanak ) : Penerapan Model Kontekstual Melalui Kegiatan Cooking Class ( Kelas Memasak) Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Play Group (Pg) 1 Pg - Tk


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak Play Group (PG) 1 PG – TK dengan penerapan model pembelajaran kontekstual melalui kegiatan cooking class (kelas memasak). 

Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah anak dari kelas Play Group (PG) 1 PG-TK  yang berjumlah 11 anak. 


Sumber data data penelitian ini berasal dari anak dan guru. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik pengamatan (observasi), dokumentasi, dan pemberian tugas berupa unjuk kerja. Validitas data yaitu teknik triangulasi data, triangulasi teknik, dan triangulasi sumber. Analisis data yaitu teknik analisis data model interaktif (model Milles and Huberman) yang meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kontekstual melalui kegiatan cooking class (kelas memasak) terbukti dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Hal tersebut terbukti dengan hasil rata-rata tingkat ketuntasan keterampilan motorik halus anak yang mengalami peningkatan dari prasiklus sebesar 27,27% atau 3 anak dari jumlah 11 anak menjadi 45,45% atau 5 anak dari jumlah 11 anak pada siklus I dan siklus II dan 81,81% atau 9 anak dari jumlah 11 anak pada siklus III. Hasil tersebut telah memenuhi target capaian peneliti yang menargetkan presentase rata-rata ketuntasan keterampilan motorik halus anak sebesar 75%. 

Bagi anak yang belum memenuhi target tuntas maka akan direkomendasikan kepada guru kelas untuk ditingkatkan keterampilan motorik halusnya. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kontekstual melalui kegiatan cooking class (kelas memasak) dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak Play Group (PG) 1 PG – TK 
Advertisement
advertisement
Contoh PTK TK ( Taman Kanak kanak ) : Penerapan Model Kontekstual Melalui Kegiatan Cooking Class ( Kelas Memasak) Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Play Group (Pg) 1 Pg - Tk | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar