Contoh LAporan PTK PAUD :Meningkatkan Pengenalan Konsep Penjumlahan dan Pengurangan 1-5 Melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Anak Kelompok A PAUD

Advertisement
advertisement

Contoh Laporan PTK PAUD :Meningkatkan Pengenalan Konsep Penjumlahan dan Pengurangan 1-5 Melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Anak Kelompok A PAUD

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pengenalan konsep penjumlahan dan pengurangan 1-5 melalui pembelajaran contextual teaching and learning pada anak kelompok A PAUD .
 
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK PAUD). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelompok A PAUD Permata Bunda tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Adapun sumber
data berasal dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik untuk mengumpulkan data adalah dengan wawancara, observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi. Uji Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
 
 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan pengenalan konsep penjumlahan dan engurangan 1-5 pada anak kelompok A PAUD.

Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya pengenalan konsep penjumlahan dan pengurangan 1-5 dari prasiklus ke siklus I, dari siklus I ke siklus II. Adanya peningkatan persentase ketuntasan pengenalan konsep penjumlahan dan pengurangan 1-5 yaitu pada pratindakan dari 18 peserta didik sebanyak 5 peserta didik atau 27,78%, kemudian pada siklus I dari 18 peserta didik sebanyak
9 peserta didik atau sebesar 50%, dan pada siklus II dari 18 peserta didik sebanyak 15 peserta didik atau 83,33%. 

Simpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan pengenalan konsep penjumlahan dan pengurangan 1-5 pada anak kelompok A PAUD 
 
Advertisement
advertisement
Contoh LAporan PTK PAUD :Meningkatkan Pengenalan Konsep Penjumlahan dan Pengurangan 1-5 Melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Anak Kelompok A PAUD | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar